Sablon Kaos Manual

Sablon Kaos Manual
Sablon Kaos distro Murah

Jumat, 18 Maret 2016

JENIS TINTA SABLON

JENIS TINTA SABLON

Ada berbagai macam tinta sablon yang tersedia di pasaran. Masing-masing jenis tinta sablon memiliki karakteristik yang berbeda-beda sehingga penggunaannya pun harus disesuaikan dengan jenis bahan kaos yang akan disablon. Untuk teknik sablon manual tinta yang digunakan tentu saja berbeda dengan teknik sablon digital.
Secara umum, untuk teknik sablon manual, tinta sablon terbagi menjadi dua jenis, yaitu Waterbase Ink atau tinta yang berbahan dasar air dan Solvenbase Ink atau tinta yang berbahan dasar minyak, atau biasa disebut juga dengan “platisol”. Jenis-jenis tinta ini masih terbagi lagi menjadi beberapa jenis, beberapa diantaranya terangkum dalam uraian di bawah ini.
1. TINTA WATERBASE
·         Tinta Rubber / karet / GL
Jenis tinta rubber adalah jenis tinta yang paling sering digunakan karena bisa diaplikasikan untuk kaos berwarna gelap maupun terang. Sifat tinta ini menumpang dan menutupi serat kain kain sehingga sering digunakan sebagai underbase (dasar) atau penutup warna kain sebelum disablon dengan warna lian. Pengaplikasian tinta rubber di atas kain yang mudah melar, dibutuhkan cat rubber dengan campuran khusus agar sablon yang dihasilkan lebih awet dan tidak gampang pecah.
Tinta rubber terdiri dari Rubber White dan Rubber Color. Rubber white digunakan untuk underbase kain berwarna putih atau muda. Rubber color digunakan untuk underbase kain berwarna tua.
Ciri-ciri tinta rubber yang bagus adalah daya tutupnya maksimal, hasil sablonannya lembut, dan elastis/ tidak mudah retak jika ditarik.
·         Tinta Transparan
Tinta transparan, disebut juga dengan coating, biasanya diaplikasikan dalam proses sablon separasi. Selain itu, juga dapat digunakan sebagai pelapis hasil sablon agar hasil sablon lebih mengkilap.
·         Tinta Extender
Tinta ekstender ini bersifat transparan, seperti tinta coating. Tinta ini hanya sesuai jika diaplikasikan untuk bahan kain berwarna putih atau terang karena tinta ini akan terserap/menyatu ke pori-pori kain. Karena menyatu dengan pori-pori kain, tinta ini terasa halus bila kita sentuh. Tinta jenis ini juga dapat diaplikasikan dalam teknik sablon separasi.  
·         Tinta Super White
Tinta super white terdiri dari dua jenis, yaitu color dan white. Tinta jenis ini menyatu dengan bahan dan bersifat transparan seperti tinta extender tetapi dapat diaplikasikan ke kaos berbahan dasar gelap.
·         Tinta Puff/Timbul
Tinta jenis puff atau timbul atau ada yang menyebutnya busa, ada yang berbahan dasar air (waterbase) dan plastik (platisol). Tinta jenis ini dapat mengembang bila terkena press panas. Tinta jenis ini digunakan untuk menghasilkan efek timbul / foaming pada sablonan diatas bahan textile / kaos.

2. TINTA SOLVENBASE/PLASTISOL
Tinta solvenbase/ platisol berbahan dasar PVC yang menghasilkan sablonan dengan dot/raster kecil sehingga biasanya digunakan untuk menyablon gambar-gambar yang detail. Tinta ini tidak dapat kering dengan sendirinya dan memerlukan suhu 160 derajat C sehingga memerlukan alat khusus untuk mengeringkannya seperti conveyor curing dan flash curing. Cat platisol tidak berlimbah dan sangat irit, berdaya rekat baik, dan awet, tetapi harganya pun cukup mahal. Karena berbahan dasar plastik, tinta ini dapat meleleh jika disetrika atau terkena panas langsung. Tinta platisol juga terdiri dari berbagai jenis, diantaranya sebagai berikut:
·         Tinta All Purpose
Karena tinta ini transparant seperti tinta extender, tinta jenis ini sebaiknya hanya diaplikasikan pada kain berwarna putih atau berwarna terang.
·         Tinta High Opacity
Tinta high opacity bersifat menumpang dan menutupi serat kain kain. Dibanding tinta rubber, tinta jenis ini memiliki daya tutup lebih baik. Tinta ini dapat diaplikasikan pada teknik high density.
·         Tinta Athletic Plastisol
Karena sifatnya yang lentur dan elastis, tinta ini sangat cocok diaplikasikan pada kain dengan pori-pori berlubang. Selain itu, tinta ini juga cocok untuk kain polymesh dan spandex.
·          Cork Base
Tinta jenis cork base biasa digunakan untuk teknik high density yang menghasilkan efek seperti busa atau gabus. Tinta jenis ini sangat elastis dan lentur sehingga cukup baik jika diaplikasikan pada bahan yang lentur seperti Spandek atau rib.

·         Shimmer Gold & Base
Tinta jenis ini berbentuk pasta siap pakai. Tinta ini sangat baik untuk kain rajut, katun, polyster, dan rayon, tapi tidak disarankan untuk kain jenis nylon atau lycra. Kain ini baik digunakan untuk heat transfer, baik itu cold peel maupun hot peel.
·         High Density Clear
Tinta High Density bersifat transparan dan menghasilkan efek sablon yang mengkilap dan terkesan basah..
·         Wilflex Luna Clear
Tinta Wiflex Luna Clear berefek transparan. Tinta ini tak terlihat dibawah sinar lampu dan baru terlihat setelah terkena sinar ultraviolet.
·         Natural Suade

Tinta Natural Suede menghasilkan efek seperti kulit yang lembut. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar